Contoh Sistem Operasi Berbasis GUI Beserta Penjelasannya


Pengenalan Sistem Berbasis GUI dan Contohnya, Contoh Sistem Operasi Berbasis GUI.
Sebuah Graphical User Interface (GUI) adalah antarmuka manusia dengan komputer (yaitu, cara bagi manusia untuk berinteraksi dengan komputer) yang menggunakan Windows, ikon dan menu yang dapat dimanipulasi oleh mouse dan demikian juga batas tertentu dengan keyboard.

GUI berdiri di kontras dengan command line interfaces (CLIs), yang hanya menggunakan teks dan diakses hanya oleh keyboard. Contoh yang paling familiar dari CLI untuk banyak orang adalah MS-DOS. Contoh lain adalah Linux bila digunakan dalam mode console (yaitu, seluruh layar menunjukkan teks saja).

Sebuah Windows adalah bagian persegi panjang dari layar monitor yang dapat menampilkan isinya (misalnya, program, ikon, file teks atau gambar) yang tampaknya secara independen dari sisa tampilan layar. Fitur utama adalah kemampuan untuk beberapa jendela akan terbuka secara bersamaan. Setiap jendela dapat menampilkan aplikasi yang berbeda, atau masing-masing dapat menampilkan file yang berbeda (misalnya, teks, gambar atau file spreadsheet) yang sudah dibuka atau dibuat dengan aplikasi tunggal.

Ikon adalah gambar kecil atau simbol dalam GUI yang mewakili sebuah program (atau perintah), file, direktori atau perangkat (seperti hard disk atau floppy). Ikon yang digunakan baik di desktop dan dalam program aplikasi. Contohnya termasuk persegi panjang kecil (untuk mewakili file), file folder (untuk mewakili direktori), tong sampah (untuk menunjukkan tempat untuk membuang file dan direktori yang tidak diinginkan) dan tombol pada web browser (untuk menavigasi ke halaman sebelumnya, untuk reload halaman, dll).

Perintah yang dikeluarkan di GUI dengan menggunakan mouse, trackball atau touchpad untuk pertama untuk memindahkan pointer pada layar, atau di atas, ikon, menu atau jendela yang menarik untuk memilih objek. Kemudian, misalnya, ikon dan jendela dapat dipindahkan dengan menyeret (menggerakkan mouse dengan ditekan) dan benda-benda atau program dapat dibuka dengan mengklik ikon.
 
Contoh Sistem Operasi Berbasis GUI Beserta Penjelasannya

Keuntungan dari GUI
Keuntungan utama dari GUI adalah bahwa mereka membuat sistem operasi komputer lebih intuitif, dan dengan demikian lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan. Sebagai contoh, lebih mudah bagi pengguna baru untuk memindahkan file dari satu direktori ke direktori lain, yaitu dengan drag ikon memakai mouse ketimbang harus mengingat-ingat juga dengan ketik perintah yang tampaknya misterius untuk menyelesaikan tugas yang sama dengan menggunakan keyboard.

Menambah intuitif operasi ini adalah fakta bahwa GUI umumnya memberikan pengguna dengan segera, umpan balik visual tentang efek dari setiap tindakan. Misalnya, ketika pengguna menghapus sebuah ikon yang mewakili file, icon segera menghilang, membenarkan bahwa file tersebut telah dihapus (atau setidaknya dikirim ke tempat sampah/recyle). Hal ini kontras dengan situasi untuk CLI, di mana pengguna jenis perintah delete (termasuk nama file yang akan dihapus) tetapi tidak menerima umpan balik otomatis menunjukkan bahwa file tersebut sebenarnya telah dihapus.

Selain itu, GUI memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan penuh dari multitasking yang kuat (kemampuan untuk beberapa program dan / atau beberapa contoh dari program tunggal untuk menjalankan secara bersamaan) kemampuan sistem operasi modern dengan memungkinkan beberapa program dan / atau contoh yang akan ditampilkan secara bersamaan . Hasilnya adalah peningkatan besar dalam fleksibilitas penggunaan komputer dan konsekuensi kenaikan produktivitas pengguna.

Tapi GUI telah menjadi jauh lebih dari kenyamanan. Hal ini juga menjadi standar dalam interaksi manusia dengan komputer, dan telah mempengaruhi karya generasi pengguna komputer. Selain itu, telah menyebabkan pengembangan seluruh aplikasi dan industri jenis baru. Contohnya adalah desktop publishing, yang telah merevolusi (dan sebagian dihapuskan) industri percetakan dan typesetting tradisional.

Meskipun kenyamanan besar dari GUI Namun, administrator sistem dan pengguna tingkat lanjut lainnya cenderung lebih suka CLI untuk banyak operasi karena sering lebih nyaman dan umumnya lebih powerfull. Pada sistem operasi Unix-seperti, GUI sebenarnya hanya menarik, penutup nyaman untuk program baris perintah (yaitu, program yang beroperasi dengan CLI).

Salah satu atraksi besar sistem operasi Unix, adalah bahwa seperti mereka telah mempertahankan kemampuan CLI mereka sambil terus meningkatkan GUI mereka, sehingga memungkinkan pengguna tingkat lanjut untuk memanfaatkan kekuatan penuh komputer saat bersamaan, sehingga memudahkan pengguna awal dan menengah. Sebaliknya, versi yang lebih baru dari Microsoft Windows (seperti 2000 dan XP) telah diturunkan CLIs mereka untuk peran marjinal.

Sejarah Singkat
Asal GUI dapat ditelusuri kembali ke Vannevar Bush, seorang peneliti yang futuris melakukan penelitian di Massachusetts Institute of Technology (MIT) saat Perang Dunia ke-II. Sekarang klasik 1945 artikel majalah nya As We May Think, Bush mengusulkan alat administrasi informasi, yang akan memungkinkan data yang akan disimpan dalam mikrofilm dan membuat mudah diakses, linkable dengan hyperlink dan diprogram.

Douglas Engelbart, yang sudah meneliti interaksi manusia dengan komputer di Stanford University pada awal 1950-an, sangat terinspirasi oleh konsep Bush. Ia meluncurkan mouse primitif pertama pada tahun 1968 di Fall Joint Computer Conference di San Francisco. Disebut X-Y Posisi Indicator, itu ditempatkan di sebuah kotak kayu kecil dengan roda, dan butuh kursor dengan itu pada layar tampilan ketika itu berguling-guling di atas permukaan horizontal.

Kemajuan tambahan banyak terjadi di Xerox Palo Alto Research Center (PARC), yang Xerox Corporation didirikan pada tahun 1970 di Palo Alto, California untuk tujuan menciptakan "arsitektur informasi" dan "memanusiakan komputer." Ini termasuk pengembangan GUI digunakan pertama, yang dimasukkan ke dalam komputer Alto PARC. Alto, yang memulai debutnya pada tahun 1974, dibayangkan sebagai yang lebih kecil, pengganti yang lebih portabel untuk mainframe yang mendominasi komputasi pada waktu itu. Namun, dan penggantinya, Xerox Star, tidak pernah mencapai sukses, mungkin karena mereka harga yang sangat tinggi.

Steve Jobs, pendiri Apple Computer, yang sangat terinspirasi oleh inovasi di dekat PARC, dan dengan demikian ia memutuskan untuk menggabungkan GUI ke dalam komputer perusahaannya. Apple jauh memperluas karya PARC, termasuk mengembangkan Windows developing overlapping, ikon dimanipulasi, menu bar tetap, menu dropdown dan tempat sampah.

Apple Macintosh, yang diluncurkan pada tahun 1984, adalah yang pertama keberhasilan penggunaan komersial dari GUI. Itu sangat sukses, pada kenyataannya, bahwa GUI kemudian diadopsi oleh sebagian besar pengembang lain dari sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi, dan sekarang digunakan atau juga tersedia oleh hampir semua macam komputer. Selain itu juga, GUI digunakan dalam berbagai produk lain juga, mulai dengan kontrol industri untuk mainan.

Microsoft mengumumkan pengembangan sistem yang pertama operasi yang tergabung GUI pada November 1983, dan versi awal, Windows 1.0, dirilis pada bulan November 1985. Windows 2.0, dirilis pada bulan Desember tahun 1987, merupakan peningkatan besar atas Windows primitif 1.0 dengan penambahan nya ikon dan jendela yang tumpang tindih, tapi tidak sampai tahun 1995 dengan peluncuran Windows 95 yang Microsoft mampu menawarkan GUI kualitas yang relatif tinggi.

Masa depan
Desain GUI telah membuat kemajuan luar biasa setelah pengenalan Macintosh dan Windows 95, dan terus maju. Ini merupakan beberapa dari faktor hasil, juga kemajuan pada perangkat keras komputer (prosesor lebih cepat, banyak memori juga display resolusi yang lebih tinggi), perbaikan dalam perangkat lunak dan permintaan yang semakin besar oleh pengguna dan pengembang aplikasi.

Sebuah aplikasi baru sangat penting untuk GUI dalam beberapa tahun terakhir telah browser. Bahkan, browser telah datang untuk menyaingi metafora desktop (yaitu, gambar yang mewakili file, folder dan tempat sampah) yang telah ditandai GUI tujuan yang paling umum sampai saat ini. konsep lainnya juga sedang dikembangkan yang dapat memberikan alternatif untuk metafora desktop.

Salah satu daerah yang paling menarik dari eksplorasi adalah GUI yang menyediakan pengguna dengan ilusi menavigasi melalui ruang tiga-dimensi. Bidang lain penelitian meningkat pengguna kontrol atas objek GUI, seperti mampu untuk memutar dan bebas mengubah ukuran dan transparansi ikon. Juga sedang dipelajari adalah peningkatan penggunaan bahasa alami untuk berinteraksi dengan komputer sebagai suplemen atau pelengkap untuk GUI.



Jangsigma

Author :

Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Contoh Sistem Operasi Berbasis GUI Beserta Penjelasannya. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada , 1 Like pada Facebook, dan 1 Follow pada Twitter. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.
Share Artikel
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Contoh Sistem Operasi Berbasis GUI Beserta Penjelasannya"

Peraturan Komentar :
1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Silahkan membuka Lapak tetapi tidak dengan menyertakan Link Hidup
3. Nickname mengandung link web/blog tidak akan dipublish
4. Komentar yang berbau sara / pornografi tidak akan dipublish
5. Karena kesibukan lain, komentar tidak semua dibalas
6. Mari budayakan komentar dengan berbahasa yang baik.

Back To Top